Apa kita pernah membayangkan bahwa daging sapi yang kita konsumsi ternyata penyantap setia sampah di TPA?

Ketika saya kuliah lapangan saya melihat banyak sekali sapi yang mencari makan bukan pada padang rumput namun pada tumpukan sampah di di TPA Benowo.

Sapi-sapi tersebut terlihat lahap memakan tumpukan sampah padahal sapi-sapi tersebut tidak bisa membedakan mana makanan yang sehat untuknya ataupun yang tidak. Sampah pada TPA Benowo tidak dipisahkan antara organik dan non organik sehingga sampah elektronik, plastik yang mengandung logam berat dapat masuk kedalam pencernaan  sapi.

Ketika di sembelih dan dikonsumsi oleh manusia dapat menimbulkan bahaya kesehatan. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh keracunan logam berat antara lain anemia, gangguan pada berbagai organ tubuh dan penurunan kecerdasan. Anak-anak merupakan golongan yang beresiko tinggi keracunan logam berat.

Oleh karena itu, perlu adanya pengawasan dalam Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat, dimana hewan ternak harus dipelihara sesuai habitatnya. Salah satu cara beternak sapi yaitu dengan mengandangkannya untuk menjaga kualitas  produk daging sapi demi kesehatan masyarakat sebagai konsumen yang berhak mendapat perlindungan kesehatan  dan menjaga agar sapi tidak makan sampah lagi.

Salam lestari !!
Rr. Mutiara Adhi Sarasati
Mahasiswi Ilmu dan Teknologi Lingkungan Universitas Airlangga

Add comment


Security code
Refresh