Jika kita membicarakan sampah pasti tidak akan ada habisnya. Semakin hari volume sampah di dunia semakin bertambah banyak. Pada tahun 2012, Kementerian Lingkungan hidup mencatat rata-rata penduduk Indonesia menghasilkan sekitar 2,5 liter sampah per hari atau 625 juta liter dari jumlah total penduduk. Sampah tersebut termasuk dari sampah organik dan anorganik. Hal tersebut sungguh memprihatinkan jika mengingat untuk mendaur ulang sampah anorganik membutuhkan waktu yang cukup lama.

Saat ini, kita selalu mengonsumsi makanan dan minuman setiap hari. Bagi orang yang mempunyai kesibukan yang padat, mungkin tidak akan sempat untuk makan dan duduk santai. Mobilitas mereka yang tinggi tentu saja membutuhkan semua yang serba cepat. Tidak jarang dari mereka yang rela mengeluarkan uang untuk makan di restoran atau kafe. Keberadaan restoran dan kafe yang sangat efisien akan membantu mereka dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Mereka biasa pergi ke kafe untuk membeli minum dan makan, yang tentu saja dibungkus dalam plastik atau sterofom. Pembungkus makanan seperti plastik dan sterofom, yang termasuk dari golongan sampah anorganik, tentu saja akan menambah volume sampah di dunia karena sifatnya yang sulit untuk di daur ulang. Jika tidak segera diatasi akan merusak atau menyulitkan kehidupan generasi di masa depan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya jika dari sekarang kita membiasakan diri untuk membawa tempat makan dan tempat minum sendiri dari rumah. Selain kamu menghemat pengeluaran sehari-hari dan menjaga kesehatan, kamu juga ikut berpartisipasi dalam mengurangi volume sampah di dunia. Pilihan tempat makan dan tempat minum sekarang juga bervariasi, kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginanmu. Harganya relatif terjangkau dengan isi kantongmu. Tidak masalah bagi kamu tetap ingin membeli makanan di restoran atau kafe, kamu bisa meminta pelayan menempatkan pesananmu pada tempat makan dan tempat minummu.

gambar: www.pinterest.com, europe.nflshop.com, www.washingtonpost.com

gambar: www.savvysugar.com

Jangan khawatir dianggap anak ‘cupu’ kalau membawa tempat makan dan tempat minum sendiri karena kamu masih bisa tetap tampil modis. Seperti yang kamu lihat di bawah ini, beberapa artis hollywood yang tetap bangga berjalan membawa tempat makan dan tempat minum mereka.

foto: http://breaellistheremix.blogspot.com/2009/11/holy-celebrity-sigg-bottle-twilight.html

foto: http://www.luuux.com/fashion/who-made-it-shenae-grimes-top-lax-airport

Nah, jangan pernah merasa malu untuk membawa tempat makan dan tempat minum dalam kegiatan sehari-hari. Kamu seharusnya merasa bangga karena turut serta mengurangi volume sampah. Salam hijau!

Oleh: Rr Marsha Nabila Ramadhania (Mahasiswi Unika Atma Jaya Jakarta Jurusan Ekonomi-Akuntasi)

Add comment


Security code
Refresh